Header Ad

Buku Baru, Jurnalisme Multiplatform

8 Maret 2018
280 Views

DUA jurnalis asal Aceh, Jafaruddin Yusuf (Harian Serambi Indonesia) dan Masriadi Sambo (Kompas.com) yang juga dosen Ilmu Komunikasi, Universitas Malikussaleh, Aceh Utara, menulis buku Pengantar Jurnalisme Multiplatform. Buku setebal 180 halaman itu diterbitkan Penerbit Prenada Media Group Jakarta.

 

Salah seorang penulis buku itu, Jafaruddin Yusuf, Sabtu (10/2/2018) menyebutkan buku itu membahas perkembangan teknologi yang berdampak pada keharusan jurnalis memiliki berbagai kemampuan (multitasking).

 

“Satu media dewasa ini memiliki platform berbeda, mulai media siber, radio hingga televisi. Tentu cara memproduksi beritanya juga berbeda, dan itu mengharuskan peningkatan kompetensi,” sebut Jafaruddin.

 

Dia menambahkan, buku tersebut sudah tersebar ke seluruh toko buku di tanah air. Selain itu, dalam buku tersebut juga dibahas potensi ancaman berbagai produk hukum terhadap profesi jurnalis.

 

“Persoalan etik juga menjadi masalah utama, terkadang karena mengandalkan kecepakatan, media massa dan jurnalis alpa akan akurasi. Padahal ruh dari jurnalisme adalah akurasi,” terang wartawan Kompas Gramedia Group ini.

 

Selain itu, dia berharap buku itu bisa dibaca oleh praktisi pers, akademisi, mahasiswa hingga masyarakat yang ingin mengetahui perkembangan jurnalisme modern di tanah air.

 

“Semoga buku kecil ini bisa memperkaya pengetahuan kita tentang jurnalisme modern,” pungkas Jafar. |re

You may be interested

Di Tengah Desing Mesiu 
CATATAN
0 shares7 views
CATATAN
0 shares7 views

Di Tengah Desing Mesiu 

masriadisambo - Nov 09, 2018

  CERPEN : Masriadi Sambo |Republika | 4 November 2018   Kami duduk selonjor di teras rumah, setelah berziarah, ke…

MALANG [2]  Sehari Metik Apel di Kota Batu
TRAVEL
0 shares13 views
TRAVEL
0 shares13 views

MALANG [2] Sehari Metik Apel di Kota Batu

masriadisambo - Okt 25, 2018

Minggu, langit Kota Malang begitu cerah. Jam menunjukan pukul 08.00 WIB, ketika rombongan kami menumpangi bus pariwisata mulai bergerak dari…

MALANG [1]   Menyesap Oksigen, Menikmati Musik
CATATAN
0 shares30 views
CATATAN
0 shares30 views

MALANG [1] Menyesap Oksigen, Menikmati Musik

masriadisambo - Okt 22, 2018

UDARA dingin membakap Kota Malang, Sabtu (20/10/2018). Kami menyusuri Kota Malang menuju Jalan Sidomakmur, No 86, Letak Sari, Mulyoagung, Dau,…

Leave a Comment

Your email address will not be published.