Header Ad

Awasi Pungut Hitung

5 Februari 2017
83 Views

PEMILIHAN kepala daerah serentak di Aceh hanya hitungan hari lagi. 15 Februari 2017, seluruh rakyat Aceh akan hadir ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Syukur jika angka golput (golongan putih) alias tak ikut memilih bisa diminimalisir.

Tentu, kita berharap, pemegang mandat demokrasi datang ke TPS. Memberikan hak pilihnya. Pada siapa saja pasangan calon gubernur, bupati dan walikota yang sesuai nurasinya. Yang kira-kira dianggap mampu membangun Aceh. Mensejahterakan rakyat secara nyata, bukan sekadar wacana.

Tahap paling krusial pun berada di TPS. Kotak-kotak suara itu akan dibuka sore hari. Di sana, potensi kecurangan tentu terbuka lebar. Kita tidak menuduh petugas TPS curang. Namun, potensi sekecil apa pun tentu ada.

Pesta demokrasi layaknya sebuah pesta tentu harus menyenangkan. Jangan ada tangisan usai perhelatan pesta. Harus ada tawa canda. Itu semua bisa terjadi jika fair saat penghitungan suara.

Pencoblosan juga patut diawasi. Bagi para tim sukses, silakan mengontrol ketat TPS. Tentu jangan rusuh. Harus santun dan ikut mekanisme yang ada.

Tahap kedua, rekapitulasi ditingkat kecamatan. Mengutip kata Presiden ke 6, RI, Susilo Bambang Yudhoyono, jika perlu tidak tidur selama proses itu terjadi. Jangan sampai, angka rekapitulasi berubah jauh dengan angka di TPS.

Selanjutnya, rekapitulasi ditingkat kabupaten/kota. Di sini,silakan mengawasi super ketat. Jangan sampai angka kecamatan akan berbeda di tingkat kabupaten. Silakan cerdas mengawasi.

Khusus untuk calon gubernur, akan ada rekapitulasi tingkat provinsi. Ini juga harus disenter. Agar terang benderang. Jika ditemukan kecurangan, silakan laporkan ke panitia pengawas pemilihan. Jika menganggap penyelenggara tidak fair, masih ada DKPP, silakan laporkan ke sana. Asal jangan rusuh. Protes silakan sesuai jalurnya. Mari bergembira pada 15 Februari 2017.

|MASRIADI SAMBO | POLITIKITA.COM

 

You may be interested

Buku Baru, Jurnalisme Multiplatform
BUKU
0 shares149 views
BUKU
0 shares149 views

Buku Baru, Jurnalisme Multiplatform

masriadisambo - Mar 08, 2018

DUA jurnalis asal Aceh, Jafaruddin Yusuf (Harian Serambi Indonesia) dan Masriadi Sambo (Kompas.com) yang juga dosen Ilmu Komunikasi, Universitas Malikussaleh,…

PR Pembangunan Aceh Utara
KOLOM
0 shares30 views
KOLOM
0 shares30 views

PR Pembangunan Aceh Utara

masriadisambo - Mar 08, 2018

Masriadi Sambo Dosen Ilmu Komunikasi, Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara.   ESTAFET kepemimpinan di Kabupaten Aceh Utara resmi dilanjutkan oleh…

Relasi Tiga Penyokong Pendidikan
KOLOM
0 shares70 views
KOLOM
0 shares70 views

Relasi Tiga Penyokong Pendidikan

masriadisambo - Mar 07, 2018

@masriadi MURID TK Bunda berfoto bersama dengan para guru dan kepala sekolah. SATU hari saya menerima undangan dari Taman Kanak-kanak…

Leave a Comment

Your email address will not be published.