Header Ad

Saya dan Blog Keempat

3 Februari 2017
80 Views

MALAM ini saya mengupload blog saya yang keempat. Lamannya, masriadisambo.unimal.ac.id. Sebelumnya saya memiliki masriadisambo.com, di era blogspot populer saya juga memiliki dimassambo.blogsot.com dan dimassambo.multiply.com.

Terakhir saya ingin mengelola masriadisambo.com. Belakangan website ini eror. Tim saya yang mengelola website ini lupa akan paswordnya. Hanya ada pasword admin di saya. Sampai saat ini, saya masih berharap web itu bisa dihidupkan kembali. Dan, tim saya sedang berusaha mengingatnya.

Lalu, saya meminta ke Pak Rizal, Kepala Puskom, Universitas Malikussaleh, blog baru dengan nama masriadisambo.unimal.ac.id. Khairul staf Pak Rizal lalu memberikannya dengan senang hati. Instal wordpress, dan template dilakukan oleh adik kelas saya di Ilmu Komunikasi, Universitas Malikussaleh. Namanya Ahmad Al Bastin.

Ini pria yang tangguh. Meski terkadang kami menyebutnya gagal fokus. Namun, dia tekun dan rajin mengurus website. Sekarang dia sedang mencoba mempermak website yang Anda baca ini.

Di website ini, hanya beberapa kategori saya buka. Saya khawatir rubrikasi terlalu banyak, namun kemampuan saya mengisi konten sungguh terbatas. Untuk itu hanya ada rubrik seperti kolom, catatan, travel, buku, dan jurnal.

Khusus untuk travel, bukan sok senang traveling, namun ini bagian upaya saya mempromosikan hal-hal baik dari Aceh untuk dunia. Saya jarang berpergian, berlibur dan seterusnya. Namun, jika saya makan, minum dan mendatangi lokasi menarik, pasti saya akan mengulasnya. Beruntunglah warung, kafe atau apa pun yang saya datangi. Catatannya asal menarik. Jika makanan asal enak, dan unik.

Maka, di sini pembaca akan menemukan aneka makanan, tulisan wisata, laut, darat dan budaya.

Sedangkan rubrik catatan, ini mah rubrik paling tidak serius. Jangan tersingung membaca rubrik ini. Ups jangan mempidanakan saya pula. Jika tak senang dengan isinya, silakan buat isi yang lebih bagus. Negeri ini sedang suka saling lapor. Padahal, nenek moyang kita mengajarkan saling memaafkan.

Khusus blog pakai laman unimal.ac.id, setahun saya hanya beberapa yang menggunakannya. Saya salah satunya, Prof Apridar lebih dulu menggukannya dibanding saya. Yang lain, saya tidak tahu. Bisa jadi ada, bisa jadi tidak.

Kategori jurnal, nah ini giliran saya sok ilmiah. Ini tulisan saya yang pernah dimuat di jurnal. Saya tidak tahu itu ilmiah atau tidak. Karena, bagi saya, pembaca tentu dewan juri paling hebat. Silakan menilai.

Untuk buku, nah ini bagian promo. Saya mempromosikan buku-buku saya. Tidak banyak. Saya baru menulis dua novel, dan beberapa buku keroyokan. Semua ke depan bisa lahir buku baru.

Promo tentu penting bagi penulis. Royalti dari buku di Indonesia ini belum seberapa. Minat baca yang buruk membuat angka penjualan buku tak kunjung membaik. Hanya beberapa judul buku bisa masuk rak best seller sepanjang tahun.

Soal buku, saya tidak pernah mau membiayai buku saya sendiri. Mungkin kita akan berbeda sudut pandang. Saya tidak suka indie, menulis, memproduksi, mencetak lalu menjual sendiri. Saya lebih suka menggunakan penerbit mayor. Menerima royalti. Bagi saya, sudah susah berpikir menulis buku, saya tidak mau susah lagi berpikir menjualnya.

Saya percayakan penjualannya pada penerbit, dan labanya yang tak seberapa itu tentu menjadi royalti saya. Jika laris manis, tentu penerbit untung besar, saya hanya untung dikit. Berbeda dengan indie, jika laris manis, maka kaya lah saya. Jika tidak, maka bangkrutlah saya. Bukankah hidup adalah pilihan?

Keuntungan saya menggunakan akun baru ini, tentu saya tak perlu membayar saban tahun kan. Ini dibayar universitas. Saya hanya nebeng doang.

Jika Anda warga Universitas Malikussaleh, ingin membuat blog, mungkin bisa minta bantu ke Pak Rizal. Sama seperti saya minta bantu. Saya pikir, Pak Rizal tidak akan keberatan.

Semoga, web ini berumur panjang. Sekali lagi, jangan terlalu serius membaca isinya. Layaknya kehidupan saya sehari-hari, saya jarang bisa serius. Dunia sudah repot, jangan direpot-repotkan lagi. Dibuat mudah saja. Salam.

|MASRIADI SAMBO

 

 

 

 

You may be interested

Di Tengah Desing Mesiu 
CATATAN
0 shares7 views
CATATAN
0 shares7 views

Di Tengah Desing Mesiu 

masriadisambo - Nov 09, 2018

  CERPEN : Masriadi Sambo |Republika | 4 November 2018   Kami duduk selonjor di teras rumah, setelah berziarah, ke…

MALANG [2]  Sehari Metik Apel di Kota Batu
TRAVEL
0 shares13 views
TRAVEL
0 shares13 views

MALANG [2] Sehari Metik Apel di Kota Batu

masriadisambo - Okt 25, 2018

Minggu, langit Kota Malang begitu cerah. Jam menunjukan pukul 08.00 WIB, ketika rombongan kami menumpangi bus pariwisata mulai bergerak dari…

MALANG [1]   Menyesap Oksigen, Menikmati Musik
CATATAN
0 shares30 views
CATATAN
0 shares30 views

MALANG [1] Menyesap Oksigen, Menikmati Musik

masriadisambo - Okt 22, 2018

UDARA dingin membakap Kota Malang, Sabtu (20/10/2018). Kami menyusuri Kota Malang menuju Jalan Sidomakmur, No 86, Letak Sari, Mulyoagung, Dau,…

Leave a Comment

Your email address will not be published.